Siapa yang tak kenal jahe? Tumbuhan rimpang ini sangat populer karena manfaatnya untuk kesehatan. Sejak zaman dahulu masyarakat menggunakan jahe sebagai campuran obat tradisional untuk berbagai macam penyakit.

Jahe bisa digunakan untuk mengurangi mual, batuk dan juga pilek. Tak hanya itu, jahe juga bisa mengontrol jumlah gula darah Bagi penderita diabetes, jahe bisa membantu untuk menurunkan gula darah.

Namun, bukan berarti Anda bisa langsung mengganti obat diabetes yang biasa Anda minum dengan jahe. Anda tetap perlu mendiskusikannya dulu dengan dokter agar kondisi tubuh Anda tetap sehat.

Selain itu jahe juga bisa menurunkan jumlah kolesterol. Manfaat jahe berikutnya yang bisa Anda dapat adalah jenis rempah itu mampu menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh.

Saat jumlah kolesterol berkurang, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga risiko stroke atau penyakit jantung dapat turun. Kemudian jahe juga bisa menurunkan tekanan darah  Mengonsumsi jahe dapat pula menurunkan tekanan darah.

Mengutip dari Chopra, kandungan dalam jahe efektif melebarkan ukuran pembuluh darah sehingga aliran darah lancar dan tidak mengalami banyak gangguan.

Tak hanya itu, Anda bisa mendapat 415 mg kalium dengan mengonsumsi 100 g jahe. Jumlah tersebut bisa jadi salah satu cara menurunkan tekanan darah yang efektif. Cobalah untuk memasukkan jahe dalam menu makan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Jahe juga bisa untuk meredakan nyeri haid. Salah satu manfaat jahe adalah meredakan nyeri haid. Nyeri haid adalah salah satu kondisi yang sering dialami oleh banyak wanita tiap bulan.

Sebenarnya, Anda bisa meredakan nyeri haid dengan obat yang dijual di apotek. Untuk mendapat manfaat jahe tersebut, cobalah untuk mengonsumsi jahe saat siklus menstruai akan berlangsung.

Anda bisa minum air rebusan jahe atau mencampurnya dengan hidangan yang Anda konsumsi. Akan tetapi, untuk mendapatkan khasiat jahe Anda harus merebusnya dengan benar.

Berikut cara merebus jahe yang benar.

  1. Pilih jahe segar dengan ukuran 1 1/2 sendok.
  2. Kemudian parut jahe hingga lembut. Atau bisa juga digeprek sampai halus kasar.
  3. Rebus 4 gelas air hingga mendidih.
  4. Masukkan jahe yang sudah diparut atau geprek. Rebus selama 5 menit atau air berkurang menjadi setengahnya.
  5. Matikan api, lalu saring air jahe dan pisahkan dengan ampasnya.
  6. Jika sudah hangat, Anda bisa menambahkan gula atau madu.

Air jahe siap dinikmati. Untuk mendapatkan jahe dengan kualitas terbaik, selalu pastikan Kamu membelinya di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan jahe juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & ikan, kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Selamat mencoba.

By Kayana